Kamis, 08 Juli 2010

Be Honest

Bagi saya ada satu sifat yang sangat penting, tetapi kadang dilupakan oleh kebanyakan orang. Sifat itu adalah jujur.
Terkadang kejujuran bisa menjadi kelemahan kita namun sesungguhnya kejujuran adalah kelebihan.
Saya sangat mencintai kejujuran dan berharap semua orang juga akan mencintainya.
Tidak hanya menciintainya, tetapi saya sangat menghargai tiap kejujuran dan saya akan melakukan apapun agar diri saya bisa menjadi seorang yang jujur seutuhnya.
Ada beberapa orang yang menganggap kejujuran bukanlah hal yang penting, mereka menjadikan beberapa statement menjadi alasan mereka melupakan kejujuran.

1. Terpaksa
=>Ada beberapa orang mengaku terpaksa tidak jujur karena bila mereka jujur maka ada suatu resiko yang akan diterima oleh mereka.
2. Demi kebaikan
=>Ada pula orang dengan alasan untuk kebaikan dirinya dan orang lain maka ia harus melupakan kejujuran.
3. Agar hasil yang dicapai baik
=>Ada juga yang bilang bahwa bila jujur menyakitkan maka kita harus mengesampingkan kejujuran supaya mendapatkan hasil yang lebih baik.

Dan masih banyak lagi alasan untuk orang-orang tidak jujur.
Padahal sebenarnya kejujuran selalu menghasilkan sesuatu yang lebih baik dari kebohongan.
Memang awalnya akan terasa sulit bagi diri kita untuk jujur, tetapi bila kita telah membiasakan diri kita untuk jujur maka kejujuran akan dengan sendirinya selalu menjadi bagian dari hidup kita.

*Pada alasan no.1 diatas sebenarnya bila seseorang mengatakan dia terpaksa berarti ia bukanlah orang yang bertanggung jawab atas dirinya, orang lain, dan sikapnya. Seseorang yang tidak berani mengambil resiko adalah seorang pengecut. Walaupun kejujuran harus mendapat resiko, ingatlah bahwa ada nilai positif yang akan kita dapatkan saat kita bisa memegang kejujuran tersebut.
*Alasan no.2 seringkali dipakai oleh orang-orang yang tidak mau dipersalahkan atas ketidakjujurannya. Sesungguhnya yang namanya tidak jujur selalu dikategorikan tidak baik jadi alasan "demi kebaikan" adalah alasan yang sangat salah karena dimanapun dan dalam situasi apapun kejujuran adalah kebaikan dan kebohongan adalah kejahatan.
*Alasan no.3 memang terkadang terlihat masuk akal, tetapi sebenarnya tidak ada ketidakjujuran yang menghasilkan hasil yang baik yang bisa dipertahankan. Ketidakjujuran pasti akan terbongkar dan apabila semuanya terbongkar maka akan menjadi sesuatu yang sangat buruk.

Oleh karena itu, sebenarnya tidak ada alasan untuk kita tidak mempertahankan kejujuran. Walaupun awalnya kejujuran akan menyakitkan atau terlihat tidak baik namun percayalah pada akhirnya kejujuran akan membuahkan sesuatu yang indah.
Jadikanlah kejujuran sesuatu yang penting dan nomor 1 dalam hatimu, perbuatanmu, dan perkataanmu karena kejujuran memiliki harga yang tak ternilai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar